Kamis, 04 April 2013

Cara Mengetahui iPhone SU Atau FU

Cara Mengetahui iPhone SU Atau FU
Cara Mengetahui iPhone SU Atau FU
Apa sih Beda Fu dan Su di iPhone? Kenapa kita harus tahu apakah sebuah iPhone itu merupakan iPhone Fu atau Su? Sebelum membeli sebuah iPhone hal pertama yang harus diperhatikan apakah iPhone yang akan Anda beli tersebut versi Fu atau Su. Karena kedua versi ini, sangat menentukan apakah iPhone Anda bisa bebas menggunakan kartu opeerator apa saja atau tidak.
iPhone Fu atau Factory Unlock adalah iPhone yang bisa menggunakan kartu apapun, tidak terbatas hanya pada satu kartu. Anda bisa menggunakan kartu dari Operator Telkomsel, Indosat, Tri, XL dan bahkan saat bepergian ke luar negeri, Anda bisa menggunakan kartu SIM dari negara manapun. Jangan pernah khawatir, meskipun Anda melakukan update firmware (iOS) iPhone versi FU akan tetap terunlock. Namun, satu hal yang pasti harga iPhone Fu jauh lebih mahal dibandingkan dengan iPhone SU.
Lalu apa sebenarnya iPhone Su? iPhone Su atau Software Unlock. Tentu saja iPhone versi SU ini kondisi aslinya hanya bisa menggunakan satu operator saja, semisal hanya Telkomsel saja. Namun karena di unlock secara software (SU) maka iPhone SU ini pun bisa dipakai menggunakan berbagai jenis kartu tanpa batasan. Kelemahan dari iPhone versi SU ini adalah jika Anda melakukan update firmware, maka secara otomatis iPhone akan ter-lock kembali (hanya bisa dipakai menggunakan satu kartu) dan Andapun harus kembali melakukan proses unlock agar iPhone bisa kembali dipakai menggunakan kartu lain. Dari segi harga iPhone versi SU jauh lebih murah dibandingkan iPhone Fu.
Lalu bagaimana cara membedakan antara iPhone Fu dan Su? Secara fisik  memang tidak ada perbedaan antara iPhone versi Su dan Fu, karena keduanya memang sama-sama iPhone, tidak ada yang membedakan antara keduanya, kecuali dari sisi Lock dan Unlock.
Apakah iPhone Su bisa dirubah secara permanen menjadi iPhone Fu? Jawabannya tentu saja bisa, Anda bisa melakukan Unlock Imei iPhone untuk merubah iPhone Su menjadi Su.
 
Ada cara untuk mengetahui apakah itu iPhone Lock atau Unlock melalui IMEI.
Sebelum mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan, Anda sebaiknya mengetahui fungsi IMEI.International Mobile Equipment Identity atau IMEI adalah sebuah kode unik yang membedakan antara satu telepon seluler dengan yang lainnya. IMEI biasanya digunakan untuk mengurangi dampak pencurian telepon seluler. Anda bisa meminta setiap provider lokal untuk blokir nomor IMEI sehingga pencuri tidak bisa menggunakannya untuk berkomunikasi. Bahkan dengan menggunakan beberapa software tertentu, lokasi telepon seluler juga bisa dilacak melalui IMEI.
Oleh karena itu, IMEI sebaiknya dicatat dan tidak dibagikan ke pihak lain secara sembarangan. Namun Anda bisa memanfaatkan IMEI untuk melindungi diri Anda ketika membeli iPhone bekas. Minta IMEI dari penjual terlebih dahulu dan periksa apakah iPhone yang dijual adalah hasil curian atau bukan. Biasanya iPhone curian akan diblokir dan tidak dapat digunakan.

Langkah-Langkah Memeriksa Status iPhone

Sekarang Anda mengetahui fungsi IMEI dan berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mengetahui apakah iPhone Anda sudah FU atau belum.
  1. Cari tahu nomor IMEI iPhone Anda. Anda hanya perlu menghubungi *#06# untuk mengetahui IMEI telepon seluler, termasuk iPhone. Nomor IMEI juga bisa dilihat dari Settings > General > About.

  2. Kunjungi IMEI.info dan masukkan nomor IMEI Anda. Situs tersebut termasuk salah satu situs terpercaya sehingga Anda tidak perlu khawatir nomor IMEI Anda akan disalahgunakan.

  3. Situs ini akan menampilkan informasi iPhone Anda. Di bagian bawah terdapat tombol “Free simlock status check”. Tekan tombol tersebut.

  4. Selanjutnya ia akan mencocokkan IMEI Anda dengan database iPhone yang sudah diunlock. Apabila sudah diunlock oleh provider, maka statusnya akan menampilkan “Unlocked”.
Ketika saya mencoba menggunakan iPhone sendiri, hasil yang ditampilkan adalah “False”. Karena iPhone memang sudah dalam keadaan FU, maka hasil tersebut bisa menjadi indikasi bahwa iPhone FU memang tidak disimpan pada database iPhone yang locked. Karena apabila iPhone memang pernah dilock, statusnya hanya kemungkinan “Locked” atau “Unlocked”.

Akhir Kata

Memang sulit untuk membuktikan ketepatan situs tersebut. Jadi saya butuh umpan balik para pembaca untuk memastikan bahwa situs ini bekerja dengan benar. Apakah hasilnya sesuai dengan status iPhone Anda?

1 komentar: